4 Alasan Terlambat ke Kantor

Terlambat masuk kerja emang bukan pemandangan aneh di kantor-kantor. Biasanya keterlambatan masuk ke kantor disertai dengan berbagai alasan yang paling paten. Sejak dulu hingga sekarang pun alasan terlambat tidak banyak berubah. Mulai alasan jalan macet sampai sakit. Nah di bawah ini adalah empat alasan yang paling sering dikemukakan karyawan jika terlambat datang ke kantor:
 

* Macet
Alasan yang satu ini memang paling populer dijadikan dalih jika datang terlambat. Hampir semua karyawan yang terlambat beralasan jalan macet. Memang sih kondisi kota besar seperti Jakarta, macet merupakan fenomena umum yang kerap terjadi di jalan-jalan raya. Tapi hati-hati lho kalau mau pakai alasan 'macet'. Karena alasan ini sering dipakai, bos jadi cepat curiga. Apalagi kalau anda selalu mengemukakan alasan macet setiap kali terlambat.

Bisa jadi bos akan mengatakan, "Udah tau macet kenapa nggak lewat jalan lain..?" atau "Kenapa nggak berangkat lebih pagi?"
Seandainya pun anda tetap pakai alasan macet anda harus menyiapkan jawaban atasan pertanyaan bos sehubungan dengan alasan macet. Misalnya macet di jalan A, karena 'traffic light' rusak, lintasan kereta, dll. Selain itu anda harus cerdas mengungkapkan alasan ini. Kalau rumah anda cuma berjarak 50 meter dari kantor, jangan sekalipun beralasan macet. Orang akan mentertawakan anda. Lebih baik anda mencari alasan yang lebih masuk akal.



* Mobil mogok
Mobil mogok juga sering dijadikan alasan jika karyawan datang terlambat. Tapi alasan ini cuma efektif bagi anda yang punya kendaraan sendiri. Sebetulnya bisa juga sih anda pakai alasan mogok walau menggunakan bus umum. Tetapi logikanya jika pakai bus, anda bisa segera mengganti bus lain yang tidak mogok. Dan seandainya anda ditanya lebih lanjut oleh bos tentang mobil mogok itu, anda harus bisa memberikan alasan yang lebih jelas. Misalnya bagaimana mobil anda bisa jalan kembali, dibantu oleh siapa, dsb.

* Sakit
Sakit kadang juga dibuat alasan keterlambatan ke kantor. Alasan lebih lanjutnya adalah karena sakit anda mesti periksa ke dokter dulu, beli obat, dst. Tapi ati-ati lho kalau mau menggunakan alasan sakit. Jika anda beralasan sakit sementara kondisi anda sehat walafiat, bisa saja anda jadi sakit betulan karena memikirkan kebohongan anda. Kalau bisa hindari alasan yang satu ini, daripada kuwalat.

* Demo
Maraknya aksi demonstrasi yang marak belakangan ini menambah alasan keterlambatan para karyawan. Karena demo memang seringkali terjadi mendadak di suatu jalan. Tapi jangan asal bilang ada demo, apalagi kalau kebetulan bos juga melewati jalan yang anda lalui untuk berangkat ke kantor. Lagipula aksi-aksi demo jarang dilakukan pada pagi hari.

Nah sekarang, bagaimana caranya agar anda tidak perlu berbohong dan mengungkapkan segala macam alasan karena terlambat? Cara satu-satunya adalah 'jangan terlambat!'. Anda bisa mengakalinya agar tidak terlambat. Di antaranya bangun dan berangkat lebih awal dan pilihlah alternatif jalan yang aman. Selain itu persiapkan keperluan ke kantor malam harinya. Dengan demikian, nggak ada lagi alasan bagi anda untuk datang terlambat.

Tapi kalau memang anda benar-benar terlambat karena jalan macet total, mobil mogok, kurang enak badan, ada demo, dll tentu saja anda harus terang. Toh kondisi tidak menguntungkan itu tidak terjadi tiap hari kan..?


Soal Berhitung untuk Sekolah Dasar